ISTILAH – ISTILAH
DALAM INTERNET
|
||
NO.
|
NAMA ISTILAH
|
PENGERTIAN
|
1.
|
Account
|
Sebuah informasi atau data dari seseorang
yang umumnya terdiri dari username (nama pengguna) dan password (kata sandi)
serta beberapa keterangan lainnya.
|
2.
|
Archie
|
Suatu alat untuk pengindeks-an arsip yang
ada di dalam FTP (File Transfer protocol) yang memungkinkan seseorang untuk
melakukan pencarian dengan lebih spesifik.
|
3.
|
Attachment
|
Bentuk penyampaian pesan yang dilakukan
dengan melampirkan atau menyertakan file dari komputer (umumnya digunakan
dalam e-mail).
|
4.
|
Bandwith
|
Lebar pita, merupakan besaran yang
menunjukkan kapasitas transfer banyaknya data yang dapat dilewatkan dalam
koneksi melalui sebuah jaringan. Kecepatan dapat berubah setiap saat
tergantung kondisi pengguna internet. Satuan kecepatan dari bandwith yaitu
Mbps (Mega bit per second) atau Kbps (kilo bit per second).
|
5.
|
Banned
|
Suatu tindakan yang dilakukan untuk
memblokir identitas/akun tertentu oleh pihak pengatur dan pengelola
(moderator). Umumunya dilakukan dengan penyampaian tegas melalui chat,
e-mail, atau milis karena diduga identitas tersebut telah melakukan
pelanggaran, baikberupa penyalahgunaan perjanjian, diduga mengganggu, merusak
atau mengacaukan kegiatan internet.
|
6.
|
Banner
|
Media informasi yang umumnya berbentuk
gambar untuk menampilkan sebuah iklan bergambar pada website. Banner ini
umumnya berfungsi sebagai ajang promosi produk, merek, jasa, layanan, tempat
atau hal lain yang berbau bisnis.
|
7.
|
Blog
|
Singkatan dari Web Log yang sebenarnya
digunakan sebagai situs pribadi, namun sekarang mampu menawarkan berbagai
informasi, baik berupa pendidikan, kesehatan, pengalaman, tutorial dan
lain-lain di mana keberadaannya sudah seperti layaknya sebuah website.
|
8.
|
Blogger
|
Seseorang yang membuat, mengelola, merawat dan
memoderasi blog.
|
9.
|
Blogging
|
Kegiatan yang dilakukan blogger baik berupa
mengisi konten, menata desain, mempraktekan teknik SEO, menjelajahi situs
lain, dan lain sebagainya.
|
10.
|
Bookmark
|
Menyimpan halaman web yang disukai di
browser agar di lain waktu dapat dibuka kembali.
|
11.
|
Browser/Web Browser
|
Program aplikasi yang memungkinkan pengguna
untuk menjelajahi internet atau dengan kata lain sebagai wadah untuk membuka
berbagai halaman website dari penjuru dunia yang ada di internet. Contoh dari
browser ini yaitu Google Chrome, Mozila Firefox, Safari, Internet Explorer,
dan lain-lain.
|
12.
|
Browsing
|
Aktifitas yang dilakukan seseorang untuk
menjelajahi berbagai halaman web untuk mencari informasi dari internet dengan
mengikuti link-link halaman web.
|
13.
|
Buffering
|
Keadaan dimana aktifitas menonton video
terhenti, umumnya karena kecepatan internet yang lambat, banyak pengguna di
jaringan atau paketan habis.
|
14.
|
Captcha
|
Kode verifikasi untuk melanjutkan ke proses
selanjutnya dengan memastikan bahwa pengguna itu bukan robot.
|
15.
|
CGI/Perl
|
Bahasa komputer untuk membuat program
interaktif dalam sebuah halaman web yang dikembangkan oleh pemakai sistem
operasi berbasis UNIX/Linux.
|
16.
|
Chat
|
Layanan internet yang memungkinkan pengguna
untuk saling berinteraksi melalui teks tanpa waktu tunggu (realtime).
|
17.
|
Chatting
|
Istilah yang mengacu pada kegiatan chat itu
sendiri.
|
18.
|
Comunnication Protocol (Komunikasi Protokol)
|
Bentuk komunikasi satu set aturan standar
yang dirancang sedemikian rupa sehingga sesama komputer saling terhubung dan
saling berbagi data/informasi dengan meminimalisir segala kesalahan yang akan
terjadi.
|
19.
|
Connect
|
Menghubungkan komputer ke koneksi internet.
|
20.
|
Close Tab
|
Menutup tab yang terbuka pada web browser.
|
21.
|
Cookie
|
Informasi tentang client dari komputer
server lalu kemudian disimpan ke komputer client itu sendiri.
|
22.
|
Cyberlaw
|
Aturan atau hukum yang berlaku di dunia maya
(internet).
|
23.
|
Cryptography
|
Bentuk penyampaian pesan dengan menggunakan
sandi/kode tertentu sehingga pesan dapat terkirim dengan lebih aman.
|
24.
|
CSS (Cascading Style Sheet)
|
Kumpulan script/kode yang tersusun dengan
rapi untuk memperindah tampilan dari suatu halaman web serta dapat
mempercepat loading suatu website karena menyingkat struktur kode HTML. CSS
terdiri dari 3 komponen yaitu selector, properti dan value.
|
25.
|
Cybercrime
|
Segala bentuk tindak kejahatan yang
dilakukan di dunia maya (internet)
|
26.
|
Cyberspace
|
Istilah yang umum digunakan untuk
menggambarkan dunia maya, dipopulerkan pertama kali oleh William Gibson
(novelnya yang berjudul Neuromancer).
|
27.
|
Cybersquatting
|
Aktifitas yang dilakukan untuk membeli
domain di internet namun memiliki kesamaan dengan suatu perusahaan, nama
produk, atau nama seseorang. Karena kesamaan tersebut pembeli kemudian
menjual kepada perusahaan tersebut dengan harga yang relatif tinggi.
|
28.
|
Dial-Up
|
Jenis koneksi internet yang menggunakan
jaringan telepon.
|
29.
|
Disconnect
|
Memutuskan hubungan komputer dengan internet
yang sedang terkoneksi.
|
30.
|
Domain name
|
Alamat permanen suatu situs di internet yang
bersifat unik dan digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs/alamat agar
dapat ditemukan di internet.
|
31.
|
Download
|
Aktifitas untuk mengambil file, gambar,
video, audio dan data/informasi dari internet untuk kemudian
disimpan/digunakan pada komputer pribadi.
|
32.
|
Downstream
|
Kecepatan aliran data dari komputer lain ke
komputer lokal/pribadi melalui sebuah jaringan (kebalikan dari upstream).
|
33.
|
DSL (Digital Subscriber line)
|
Suatu metode transfer data melalui saluran
telepon regular.
|
34.
|
E-commerce
(Electronic Commerce)
|
Perdagangan atau transaksi perbankan
elektronik melalui media internet.
|
35.
|
E-mail (Elektronik Mail)
|
Aplikasi yang memungkinkan pengguna internet
untuk saling berkirim pesan melalui jaringan Internet (surat menyurat
elektonik melalui internet).
|
36.
|
Encryption
|
Menjadikan sebuah pesan agar tidak dapat
dibaca jika tidak menggunakan suatu program untuk membukanya.
|
37.
|
E-payment
|
Alat pembayaran dengan memanfaatkan media
elektronik seperti internet.
|
38.
|
Flames
|
Berbagai pesan di internet yang bersifat
menghina atau menjelek-jelekan sehingga membuat penerima (e-mail) menjadi marah.
|
39.
|
Follow
|
Aktivitas untuk mengikuti seseorang di
internet, misalnya follow akun twitter dan instagram.
|
40.
|
Forward
|
Kembali ke halaman web yang telah
diakses/dibuka.
|
41.
|
Firewall
|
Sistem keamanan dalam internet yang
berfungsi untuk melindungi sebuah jaringan yang kecil terhadap jaringan yang
lebih luas.
|
42.
|
FTP (File Transfer Protokol)
|
Protokol yang digunakan untuk mengirim
(mentransfer) dan/atau menerima file dari internet, umumnya berbasis TCP/IP.
|
43.
|
GameOnline
|
Game yang dimainkan secara online (akses
internet) dan dapat dimainkan secara multiplayer.
|
44.
|
Gateway
|
Menerjemahkan antara 2 protokol berbeda
sehingga mampu menyediakan akses untuk menghubungkannya ke sistem jaringan.
|
45.
|
Gopher
|
Aplikasi internet untuk mencari informasi
yang ada di internet namun terbatas hanya pada teks dengan cara menghubungkan
komputer pribadi ke gopher server yang ada di dalam internet.
|
46.
|
Guest book
|
Layanan interaktif pada suatu website/blog
yang memungkinkan pengguna untuk menulis pesan dan membaca tulisan dari
seorang pengunjung.
|
47.
|
Hacker
|
Seseorang yang ahli di bidang pemrograman
komputer dengan kemampuan untuk menembus atau membobol sistem keamanan
jaringan (misalnya di internet).
|
48.
|
History
|
Membaca atau menampilkan kembali halaman web
yang telah dikunjungi, umumnya dilakukan melalui web browser.
|
49.
|
Homepage
|
Halaman muka dari suatu situs yang
menampilkan informasi/deskripsi mengenai isi situs tersebut.
|
50.
|
Hoax (mail)
|
Suatu kebohongan dalam e-mail yang berasal
dari alamat yang tidak jelas.
|
51.
|
Hosting
|
Ruangan penyimpanan seperti layaknya
harddisk tempat menyimpan data, file, gambar dan lain-lain yang kemudian akan
ditampilkan dalam sebuah situs.
|
52.
|
Hostpot
|
Lingkup area yang menawarkan layanan akses
internet dengan menggunakan Wi-Fi.
|
53.
|
HTML (Hyper Text Markup Language)
|
Sebuah bahasa markup atau kode yang
digunakan untuk membuat halaman web yang kemudian menerjemahkan kode tersebut
melalui mekanisme internet sehingga dapat menampilkan informasi kepada
pengunjung.
|
54.
|
HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
|
Protokol (antarmuka) yang digunakan pada
awal URL site untuk menjelaskan program browser bahwa antarmukanya adalah
HTTP. Contohnya adalah http://www.example.com
|
55.
|
HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure)
|
HTTP dengan tambahan sistem keamanan untuk
melindungi encrpyts dan decrpyts permintaan dari halaman web.
|
56.
|
Hyperlink/link
|
Koneksi yang menghubungkan sebuah halaman
web ke halaman lainnya dalam internet.
|
57.
|
Hypermedia
|
Suatu media yang bukan hanya teks saja,
melainkan ada tambahan fitur baik itu suara maupun video.
|
58.
|
Hypertext
|
Teks Hyper yang maksudnya adalah sebuah teks
yang berkaitan dengan dokumen lainnya.
|
59.
|
IE (Internet Explorer)
|
Program untuk menampilkan halaman website di
internet (Web Browser) yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft.
|
60.
|
Inbox
|
Pesan masuk kepada penerima.
|
61.
|
Internet Banking (i-banking)
|
Layanan perbankan yang dilakukan menggunakan
jaringan internet.
|
62.
|
Internet Marketing
|
Teknik pemasaran untuk melakukan
usaha/bisnis dengan memanfaatkan media internet.
|
63.
|
Internetpreneur
|
Pengusaha yang berkecimpung di dunia
internet.
|
64.
|
Internet-TV
|
TV yang mengalami perbuahan dan modifikasi
sehingga dapat digunakan sebagai media untuk berkomunikasi melalui jaringan
internet.
|
65.
|
Intranet
|
Sebuah jaringan lokal yang menghubungkan
sesama komputer dalam jaringan lokal, umumnya digunakan untuk kepentingan
internal suatu perusahaan, instansi atau organisasi.
|
66.
|
IP Address
|
Protokol yang mengatur sistem pengalamatan
dalam jaringan, umumnya dipresentasikan dalam angka biner yang membentuk satu
kesatuan 4 deret bilangan antara 0 sampai 255. Masing-masing deret dipisahkan
dengan titik (.), IP ini juga dibagi menjadi 5 kelas yaitu kelas A, B, C, D
dan E. Contoh IP Address yaitu 192.168.0.2 (kelas C).
|
67.
|
IRC (Internet Relay Chat)
|
Fasilitas/layanan di internet yang
memungkinkan untuk chatting.
|
68.
|
ISP (Internet Service Provider)
|
Suatu perusahaan yang menyediakan jasa
layanan koneksi akses internet untuk penggunanya.
|
69.
|
Login/Sign-In
|
Proses masuk ke dalam sebuah halaman web
(misalnya masuk ke dalam akun pribadi) dengan memasukkan password dan
username pengguna.
|
70.
|
Logout/Sign-Out
|
Proses keluar dari sebuah halaman web
(misalnya keluar dari akun pribadi).
|
71.
|
Lycos
|
Sebuah Search Engine (mesin pencari) yang
dapat digunakan untuk mencari informasi. Sobat bisa mencoba search engine ini
di www.lycos.com
|
72.
|
Mailing list (Milis)
|
Aplikasi internet yang digunakan sebagai
sarana diskusi atau bertukar informasi dalam suatu kelompok/forum melalui
e-mail internet.
|
73.
|
Merchant
|
Suatu tempat pemasaran dan penjualan produk,
jasa, atau layanan di internet
|
74.
|
MIME (Multipurpose Internet Mail Extension)
|
Ekstensi e-mail yang digunakan untuk
mengirim berkas melalui attachment e-mail agar lebih mudah pengirimannya.
|
75.
|
MLM (Multi Level Marketing)
|
Sistem penjualan/jasa melalui agen
distributor group dengan mensponsori orang lain untuk melakukan hal yang sama
(member cari member).
|
76.
|
Modem (Modulator Demodulator)
|
Perangkat tambahan komputer yang berfungsi
untuk mengubah sinyal analog ke sinyal digital atau sebaliknya dan mampu
menghubungkan suatu komputer ke internet.
|
77.
|
Netter
|
Seseorang yang sering berkecimpung di dunia
internet.
|
78.
|
Network
|
Jaringan antar komputer yang saling
terhubung satu sama lain (seperti LAN, WAN, MAN, dan internet).
|
79.
|
Newbie
|
Seorang pemula, umumnya baru mengenal
sesuatu seperti mengenal internet, baru mengenal facebook, blog dan lain
sebagainya.
|
80.
|
News Group
|
Aplikasi internet yang digunakan untuk
berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum, umumnya memiliki kepentingan
yang sama untuk membahas topik tertentu.
|
81.
|
New Window
|
Membuka jendela baru pada web browser untuk
membuka suatu halaman web.
|
82.
|
Offline
|
Keadaan seorang pengguna atau komputer itu
sendiri ketika tidak terhubung ke internet.
|
83.
|
Online
|
Keadaan seorang pengguna atau komputer itu
sendiri ketika sedang terhubung ke internet (kebalikan offline).
|
84.
|
Password
|
Kata kunci yang umumnya berupa kombinasi
huruf, angka atau simbol dan bersifat rahasia untuk mengamankan suatu
informasi pribadi seperti akun di internet.
|
85.
|
Paypal
|
Sistem pembayaran seperti rekening, namun
datanya disimpan di internet (uang dalam internet).
|
86.
|
Point to Point Protocol (PPP)
|
Protokol TCP/IP yang sering digunakan untuk
mengkoneksikan komputer ke internet melalui modem atau perangkat lainnya.
|
87.
|
Pop-Up
|
Bagian pada suatu situs yang melayang
sehingga menutupi halaman web, umumnya berupa iklan, fanspage atau promosi
gambar lainnya.
|
88.
|
POP (Post Office protokol)
|
Protokol untuk mengambil atau membaca sebuah
e-mail dari sebuah server yang ada di internet ke komputer lokal/pribadi.
|
89.
|
Protokol
|
Aturan standar yang mengatur mekanisme suatu
jaringan sehingga sesama komputer dapat saling terhubung untuk berkomunikasi.
|
90.
|
Proxy server
|
Sebuah komputer server yang dapat melakukan
sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari
internet atau intranet.
|
91.
|
Referrer
|
Suatu alamat situs/URL yang berasal dari
pengunjung.
|
92.
|
Refresh
|
Menyegarkan atau memperbaharui suatu halaman
web.
|
93.
|
Reload
|
Memanggil kembali halaman web (dimuat
ulang).
|
94.
|
Search Engine (Mesin Pencari)
|
Program suatu website yang digunakan untuk
mecari informasi/data yang ada di internet. Contoh Search Engine yang sering
digunakan saat ini yaitu Google, Yahoo, Lycos, Bing dan masih banyak lagi.
|
95.
|
SEO (Search Engine Optimazion)
|
Suatu teknik pada suatu website/blog dengan
bersaing menjadi urutan teratas dalam hasil pencarian mesin pencari untuk
meningkatkan traffik/kunjungan. Suatu website yang menerapkan teknik SEO akan
lebih mudah tampil di halaman pertama mesin pencari, dengan begitu pengunjung
akan berdatangan karena website tersebut mudah ditemukan. Semakin baik
tekniknya, suatu website akan mudah mengalahkan saingannya di mesin telusur.
|
96.
|
SERP (Search Engine Result Page)
|
Halaman web tertampil hasil pencarian mesin
pencari berdasarkan kata kunci tertarget.
|
97.
|
Shareware
|
Perangkat lunak (software) yang dibagikan
secara gratis oleh pengembang dan biasanya dibagikan melalui internet.
|
98.
|
Sign up
|
Proses pendaftaran/registrasi layanan
internet dalam pembuatan ID atau akun tertentu. Misalnya saja ketika belum
mempunyai akun e-mail, kita bisa mendaftar akun lewat situs yang melayani
e-mail (seperti gmail, yahoo mail). Saat mendaftar kita dikenai
prosedur/mekanismenya seperti mengisi biodata, nomor HP dan lain-lain. Sign
Up ini juga berlaku pada saat pendaftaran Facebook, Twitter dan lain
sebagainya.
|
99.
|
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
|
Protokol untuk mengirimkan e-mail dari
komputer lokal/pribadi kepada server melalui jaringan internet (kebalikan
dari protokol POP).
|
100.
|
Spam
|
Pesan komersial atau iklan yang ditujukan
kepada penerima (umumnya di newsgroup/e-mail) namun sebenarnya pengguna tidak
menginginkan pesan tersebut masuk.
|
101.
|
Spider
|
Istilah yang mengacu pada penjelajah suatu
website di internet, atau dengan kata lain mesin pencari itu sendiri.
|
102.
|
Streaming
|
Kegiatan menonton gambar bergerak/video
secara online.
|
103.
|
Subscribe
|
Layanan yang memudahkan seseorang untuk
berlangganan, misalnya subscribe channel youtube atau berlangganan blog
sehingga ketika ada artikel/video baru langsung bisa diketahui.
|
104.
|
Surfing
|
Aktifitas berselancar menjelajahi halaman
web di internet (bisa juga dikatakan browsing).
|
105.
|
Telnet
|
Layanan remote login mengacu pada program
atau protokol yang menyediakan fungsi agar seorag pengguna internet dapat
mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan
internet.
|
106.
|
Thread
|
Serangkaian surat yang ada dalam sebuah
forum diskusi di internet.
|
107.
|
Unfollow
|
Batal mengikuti akun seseorang di internet.
|
108.
|
Unsubscribe
|
Batal berlangganan, misalnya batal
berlangganan blog/channel youtube.
|
109.
|
Update
|
Memperbaharui sesuatu agar lebih optimal,
misalnya memperbaharui program antivirus agar virus baru juga dapat discan
dengan baik.
|
110.
|
Upload
|
Kegiatan yang dilakukan untuk
mengunggah/mengirim informasi atau data berupa file, dokumen, foto, video
atau audio dari komputer pribadi ke internet.
|
111.
|
Upstream
|
Kecepatan aliran data dari komputer lokal
(milik pribadi) ke komputer lain yang terhubung dalam satu jaringan, misalnya
jaringan internet.
|
112.
|
URL (Uniform Resource Locator)
|
Suatu sistem yang digunakan untuk
mengidentifikasi alamat website, alamat URL merupakan alamat dari sebuah
halaman web contohnya adalah www.siswamaster.com
|
113.
|
Username
|
Nama pengguna, biasanya terdapat dalam
sebuah akun di internet.
|
114.
|
VPN (Virtual Private Network)
|
Jaringan yang sebagian di antaranya
terhubung dengan internet, tetapi di sisi lain lalu lintas data yang melalui
internet dari network ini telah mengalami pengacakan (proses enkripsi)
sehingga mengakibatkan network secara private/virtual (tertutup).
|
115.
|
WAP (Wirelles Aplication Protocol)
|
Protokol untuk aplikasi wirelles yang
merupakan hasil kerjasama industri untuk membuat standarisasi terbuka dan
berbasis pada standar internet.
|
116.
|
Web Designer
|
Seseorang yang ahli dalam mendesain sebuah
website agar tampilannya tampak menarik dan bagus jika dinilai oleh
pengunjung.
|
117.
|
Web Developer
|
Seseorang yang memiliki keahlian dalam
bahasa pemrograman untuk menciptakan website dinamis yang sesuai dengan
kebutuhan pengunjung.
|
118.
|
Web Hosting
|
Perusahaan yang menyediakan layanan untuk
berbagi tempat penyimpanan suatu data/informasi pada sebuah website (intinya
penyedia hosting).
|
119.
|
Web Master
|
Seseorang yang memiliki keahlian di dunia
website
|
120.
|
Web Page
|
Halaman web
|
Senin, 06 November 2017
Istilah-Istilah Dalam Internet
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Istilah-Istilah Dalam Internet
ISTILAH – ISTILAH DALAM INTERNET NO. NAMA ISTILAH PENGERTIAN 1. Accoun...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar